Kamis, 07 Januari 2016

Drone Dengan Kamera 4K Namun Dengan Harga Lebih Murah

Nama Drone itu adalah Phantom 3 4K
Di booth CES 2016 di Las Vegas, DJI sebagai salah satu perusahaan pelopor Drone memperkenalkan Drone dengan kamera 4K namun dengan harga yang lebih murah daripada Phantom 3 Professional. Nama Drone itu adalah Phantom 3 4K. Selain itu, DJI juga memperkenalkan drone terbarunya yaitu Inspire1 Pro Black Edition.


Ada dua perubahan penting yang ada pada Phantom 3 4K. Yang pertama adalah bahwa Phantom 3 4K ini tidak lagi menggunakan sistem Lightbridge video downlink yang tersohor itu. Pada model ini, Anda hanya bisa mengandalkan koneksi lewat WiFi saja. Akibatnya, Phantom 3 4K ini memiliki jarang yang lebih pendek dan kualitas video yang menurun.

Namun, ada perubahan kedua yang sangat penting. Yaitu penggunaan kamera berkualitas 4K sebagai gantinya Lightbridge. Hal ini menjadi sangat penting karena sebelumnya kamera 4K hanya ada pada model Phantom 3 Professional yang harganya jauh lebih mahal. Sebagai perbandingan harga Phantom 3 Professional adalah $1259, sedangkan Phantom 3 4K akan dijual dengan harga $999.


Jika menggunakan Lightbridge, DJI mengatakan bahwa jarak live feedingnya itu bisa mencapai jarak 5 km. Sedangkan Phantom 3 4K yang hanya bisa mengandalkan WiFi, hanya bisa mencapai jarak 1,2 km saja. Begitu juga dengan kualitas video-nya, jika menggunakan Lightbridge kualitasnya adalah HD, sedangkan Phantom 3 4K hanya berkualitas 480p.

Sebenarnya jarak 1,2 km dan kualitas 480p sudah cukup, apalagi kalau sudah menggunakan kamera 4K yang tentunya hasil akhirnya akan memiliki kualitas video yang jauh lebih baik. Sedangkan jarak sejauh 1,2 km juga sudah cukup, terutama bagi para pemula. Hal tersebut membuat Phantom 3 4K cukup menarik bagi mereka yang baru mulai berinvestasi di drone.


Selain Phantom 3 4K, DJI juga memperkenalkan Inspire 1 Pro Black Edition. Drone yang tampil dengan warna hitam ini, disertai dengan kamera micro four third andalan DJI, yaitu Zenmuse X5. Untuk sementara ini, Inspire 1 Pro belum tersedia untuk semua negara. Namun, Indonesia tidak disebutkan sebagai negara yang tidak tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar