Jumat, 08 Januari 2016

NVIDIA Kenalkan AI Baru 'Drive PX2' Untuk Mobil Yang Bisa Menyetir Sendiri

Nvidia Drive PX2
NVIDIA baru saja selesai dengan keynote mereka pada CES 2016. Pada keynote tersebut, CEO NVIDIA, Jen-Hsun Huang langsung memperkenalkan sebuah komputer baru yang akan dipakai untuk self driving car dengan nama Drive PX2. Tahun lalu, NVIDIA memperkenalkan Drive CX yang menjadi pendahulu dari PX2. NVIDIA DRIVE PX 2 sendiri nantinya akan membantu industri otomotif untuk mmecahkan masalah kompleks dalam berkendara otomatis dengan memiliki kecerdasan buatan.


NVIDIA Drive PX2 sendiri menggunakan proses pabrikasi 16nm FinFET. Dari sisi prosesor, Drive PX 2 menggunakan 8 core Cortex A57 ditambah 4 core Denver buatan NVIDIA sendiri. Pada sisi grafis, GPU yang dipasang pada Drive PX 2 memiliki arsitektur Pascal terbaru yang mampu berlari pada kecepatan 8 TFLOPS. Kekuatan proses seperti ini bisa disamakan dengan 150 MacBook Pro yang dijadikan satu.


Untuk menguji Drive PX 2, NVIDIA pun juga sudah melakukan kerjasama dengan Volvo. Nantinya, NVIDIA juga akan menjadi pemasok SoC Drive PX 2 ke lebih dari 50 produsen mobil seperti Audi, BMW, Daimler, Ford, dan lain sebagainya. Dan NVIDIA pun masih mengembangkan platform yang satu ini untuk lebih disempurnakan.


Drive PX 2 dapat memproses 12 kamera video, ditambah dengan lidar, radar, dan sensor ultrasonik secara bersamaan. Hal ini tentunya dibutuhkan untuk melakukan kalkulasi tersendiri mengenai lingkungan sekitar serta untuk mendapatkan arah agar mobil dapat dikemudikan tanpa menabrak sesuatu. Nantinya Drive PX 2 akan tersedia pada kuartal ke empat tahun 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar