Kamis, 07 Januari 2016

Ford Sematkan Sistem CarPlay dan Android Auto

Ford Sistem CarPlay Dan Android Auto
Pada ajang CES 2016 ini, Ford akhirnya mengumumkan bahwa di jajaran mobil keluaran 2017 mereka akan disertakan sistem CarPlay dan Android Auto. Hal ini tergolong lambat, karena beberapa pabrikan mobil besar lain sudah ada yang mengadopsi sistem ini ke mobil mereka.


Sebelumnya Ford memang sudah merencanakan akan menggunakan CarPlay dari Apple dan Android Auto dari Google untuk melengkapi sistem infotainment pada mobil buatan mereka. Namun, akhirnya baru pada CES 2016 inilah Ford memberikan konfirmasi bahwa jajaran mobil keluaran tahun depan baru akan dilengkapi sistem tersebut. Walau yang dikonfirmasi baru mobil yang akan dijual di Amerika di tahun 2017 nanti, belum ada kepastian apakah mobil Ford yang akan dirilis di Indonesia juga akan mendapatkan sistem baru tersebut.


Rencananya, semua tipe mobil Ford yang akan keluar di tahun 2017 nanti akan disertai CarPlay dan Android Auto yang sudah terintegrasi di dalam platform Sync 3 yang dibuat oleh Ford. Model pertama yang akan disertai sistem ini adalah model Ford Escape yang akan mulai dijual sekitar di bulan April 2017. Sedangkan untuk mobil-mobil yang keluaran tahun ini, akan mendapatkan update yang memungkinkan menggunakan sistem tersebut sekitar akhir tahun 2017 nanti.

Platform Sync 3 ini juga memungkinkan komunikasi dengan jalur LTE, lewat sistem Ford Sync Connect. Feature LTE tersebut sudah terintegrasi pada semua model mobil Ford keluaran 2016 sekalipun.


Meskipun Ford sudah mengumumkan akan mengadopsi sistem CarPlay dan Android Auto, Ford tetap akan mengembangkan sistem AppLink yang merupakan sistem yang dikembangkan sendiri oleh Ford. Hal ini mungkin disebabkan karena sudah ada banyak apps yang dibuat untuk sistem AppLink ini. Kebanyakan merupakan apps yang sangat berguna untuk berkendara. Seperti misalnya apps untuk memonitor mesin, menghitung konsumsi bahan bakar, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar