Senin, 11 Januari 2016

OS Firefox Akan Digunakan Untuk OS Smart TV

Firefox OS
Masih ingat dengan sistem operasi Firefox? Dulu, Firefox memang menjajal pasar smartphone untuk sistem operasinya ini. Gagal di smartphone, Firefox kini melirik smart TV. Di ajang CES 2016, Firefox mengumumkan akan menjadi sistem operasi yang digunakan di beberapa televisi UHD Panasonic. Dua televisi pintar Panasonic yang diumumkan di CES dan menggunakan Forefox untuk OS-nya adalah smart UHD TV Panasonic DX900s  58 inci dan 65 inci.


"Quick Access" milik sistem operasi Firefox akan digunakan sebagai start screen standar kedua televisi tersebut. Quick Access Firefox memungkinkan pengguna mem-pin aplikasi, channel, dan perangkat favorit di home screen televisi cerdas tersebut. Mozilla juga menyebutkan bahwa pembaruan Firefox OS 2.5 menawarkan fitur baru. Dimana pengguna bisa langsung menyimpan aplikasi web langsung ke televisi mereka. Pembaruan ini rencananya akan diluncurkan tahun ini juga, demikian dilansir The Verge.


UHD TV Panasonic bukan yang pertama menggunakan OS Firefox. Mei 2015 lalu, Panasonic telah mengumumkan lini smart tv lain yang juga ditenagai oleh Firefox. Slashgear juga menulis bahwa kemungkinan Firefox akan digunakan untuk tablet, router, HDMI stick, dan keyboard untuk All-in-one-PC. Dalam blognya, Mozilla juga menyebutkann kemungkinan OS-nya itu akan menjadi OS bagi berbagai perangkat. "Perangkat dan sistem yang saling terkoneksi makin sering bermunculan. Kita sering menyebutnya sebagai Internet of Things. Untuk menciptakan lingkungan yang saling terkoneksi dengan sehat, Mozilla percaya sangat pentung untuk membangun platform alternatif yang independen dan terbuka."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar