Jumat, 08 Januari 2016

Belajar Membuat Robot Dengan LEGO WeDo 2.0

LEGO WeDo 2.0
Salah satu pembuat mainan ternama di dunia, LEGO, kembali menghadirkan produk yang ditujukan untuk mengajarkan anak-anak. Setelah sebelumnya sukses dengan produk balok tempelnya, kini LEGO berambisi untuk mengajarkan anak-anak bagaimana membuat robot lewat produk barunya, LEGO WeDo 2.0.


Banyak orang yang masa kecilnya dihabiskan dengan membuat bangunan atau apapun dengan balok tempel buatan LEGO ini. Kesederhanaan itu yang membuat kenapa LEGO bisa demikian sukses. Hanya dengan balok sederhana, namun kita bisa membuatnya menjadi berbagai macam bentuk yang hanya dibatasi oleh imajinasi kita saja.


Kini LEGO kembali ingin memberikan pengalaman baru lewat kesederhanaan itu juga. Kali ini, LEGO ingin 'upgrade' pengalaman tersebut dengan menambahkan unsur robotik di dalamnya. LEGO WeDo 2.0 adalah perangkat baru dari LEGO yang berisikan balok-balok LEGO yang sudah terkenal tersebut, tapi ditambahkan fungsi sensor, motorik, wireless, dan coding.

LEGO WeDo 2.0 memiliki sensor gerak dan mesin motorik yang bisa digunakan untuk membuat bentuk robot atau apapun yang bisa bergerak. Nanti, kita bisa menghubungkannya secara wireless melalui balok khusus yang disertai USB Tethering Bluetooth ke segala macam perangkat yang support Bluetooth. Misalnya ke smartphone, tablet, atau ke PC kita.


Nanti setelah terhubung ke gadget kita, di dalamnya akan ada Apps yang bisa mengajari bagaimana membuat satu set robot. Ataupun untuk mengajarkan fungsi gerakan dan robotik melalui Apps tersebut. WeDo juga memiliki fungsi coding yang dibuat sederhana. Cukup click and drag, maka kita bisa memprogram gerakan atau fungsi ke buatan kita.

Saat ini, Apps untuk WeDo sudah tersedia untuk iOS, Android, PC, dan Mac.

1 komentar: