Rabu, 06 Januari 2016

Ajang CES 2016: Ada Wearables Yang Bisa Cek Tekanan Darah

Kebanyakan wearable devices yang beredar mengusung feature yang terkait terhadap kesehatan kita. Namun, umumnya hanya bisa mendeteksi denyut jantung dan langkah kaki kita saja. Di ajang CES 2016, Omron memperkenalkan wearable yang bisa mengukur tekanan darah juga!


Jika Anda tergolong orang yang berumur, maka sebaiknya Anda mulai rutin mengecek tekanan darah (tensi) Anda. Karena biasanya dengan makin bertambahnya umur, lewat tekanan darah bisa dideteksi macam-macam jenis penyakit yang terkait dengan usia. Sedangkan untuk mengecek tekanan darah membutuhkan alat khusus dengan pompa udara untuk melihat tensi atas dari tekanan darah Anda dan tensi bawahnya.

Pada saat heboh wearable device dimulai, kebanyakan para produsen wearable tersebut mengedepankan feature di mana alat tersebut bisa memonitor kesehatan dari diri kita. Seperti denyut jantung (heart rate), berapa langkah kita sudah berjalan, pola tidur, sampai dengan tingkat stress kita. Hanya saja, semua data tersebut masih belum dirasa lengkap jika belum dilengkapi dengan data dari tekanan darah kita.


Kenapa hal tersebut belum disertakan pada wearable device sebelumnya ini? Karena untuk mendapatkan data tensi tekanan darah yang akurat, posisi lengan pun berpengaruh. Sehingga jika alat ukurnya diletakkan pada pergelangan tangan, maka posisi lengannya pun juga harus digerakkan sedemikian rupa agar penilaiannya akurat. Hal itulah yang menyebabkan perangkat wearable yang sudah ada sebelumnya ini tidak bisa menyertakan cek tekanan darah.

Kini di CES 2016, Omron sebagai salah satu produsen alat-alat kesehatan memperkenalkan Project Zero di mana alat ini berupa wearable device yang bisa mendeteksi tekanan darah. Untuk mengatasi masalah tadi, Omron memberikan sensor tambahan di mana sensor ini bisa mendeteksi posisi lengan dan menangkap tekanan darah dengan akurat. Saat ingin mengecek tekanan darah, Project Zero akan memberikan arahan terhadap posisi lengan yang tepat. Setelah lengan berada pada posisi yang tepat, maka alat ini baru akan membaca tekanan darah Anda.


Hasilnya cukup akurat, dan akan dapat sangat membantu dalam memonitor kesehatan kita. Menurut representatif dari Omron, Project Zero ini sudah mendapat pengakuan dari FDA sebagai instansi kesehatan di Amerika. Rencananya wearable ini akan dijual dengan harga $200.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar